Mengatasi Selip Kopling

kopling gandaSebel banget rasanya kalo mengendarai motor yang tarikannya molor. banyak hal yang menyebabkan tarikan motor jadi molor dan diantaranya adalah selip kampas kopling. bagi para pengendara Honda khususnya kharisma, ada trik mudah mengatasi kampas kopling yang selip. yang paling sering terjadi pada honda kharisma adalah aus pada kampas kopling ganda. sebetulnya masih bisa kita atasi bila kampas kopling belum terlalu aus. dengan cara merenggangkan per pada kopling ganda.

Dan untuk selanjutnya ada langkah yang lain untuk mengatasi kampas selip yang mengakibatkan tarikan motor jadi molor dan membuat pengendara menjadi tidak nyaman. Lakukan pengecekan pada kampas kopling utama dan juga per-per nya, menurut pengalaman saya, walaupun kampas kopling sudah diganti dengan yang baru tetap saja masih terjadi selip. itu bisa disebabkan per-per yang mendorong plat-plat kopling sudah lembek. dan sebaiknya dilakukan pengululuran/penggantian pada per-per tersebut. saran saya lebih baik menggunakan spare part yang original.

kopling utama

per kopling

bila masih tetep bingung dengan penjelasan saya bawa saja motor anda ke bengkel,  Tapi itu bukan termasuk cara Laki-laki, silahkan di uPREX-uPREX sendiri motornya. Hehe semoga bermanfaat…

gambar dari : dari google

About these ads

13 thoughts on “Mengatasi Selip Kopling

  1. kalo bs jangan cuman tentang kopling aja, tp gimana cara seting motor balap…….. itu yg d nanti-nanti kaum muda yg sering balap liar swkrg,,, hehehehehe

  2. merenggangkan per pada kopling ganda bisa mengatasi tenaga motor .supra x 125, tapi tlong bos, caranya gimana ??? . makasih bos

  3. motor saya juga dapat kasus yang sama,saya sudah ganti kampas koplingnya belum ada perubahan masih sama, tapi kata bengkel disuruh ganti mangkuk-nya ,saya masih ragu . apa itu perlu?

  4. bro ciri2 kerusakan pada kampas gandA ky gmn y??yg Saya dngar2 mank kamps gnda tu jRang rusk,,bnar g c??kamps gaNda dengan Kmpas Kopling sma g bro??mhon pencerahn’a y Bro,,

  5. gmn cie lo natazin kmplinx slip buat ninja bro ???????????????

    • @indra, coba aja dicek.. kampas koplingnya masih bagus atau udah aus.. kalau udah aus ganti aja dengan yang original. cek juga pada pegas/per koplingnya,.. masih bagus atau udah lembek, per yang lembek juga bisa menyebabkan kopling selip. walaupun kampas koplingnya masih bagus.

  6. Maaf-maaf, aku mau tannya, harga rumah kopling kharisma D 03, berapa harganya?? Rendra. Sebalumnya, mksh…

  7. bos kalau tarikan molor+mesin yg susah hidup e itu yg rusak apanya bos??
    cara mengatasinya juga gimana bos??
    motor saya honda CS1 2008

    • @rudi, banyak cara mengatasinya. . Tergantung penyebabnya juga. Pada saat motor lama ga dipakai kemungkinan bbm yg ada dikarburator menguap alias habis, jadi pada saat start pertama motor butuh bbm buat tampungan dikarburator, jadi dibantu dgn chooke jg bisa. Bisa juga stelan udara di karburator kurang pas, atau celah busi yang terlalu renggang juga bisa mengakibatkan motor susah dinyalain. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s