Modif Motor 4 langkah

TIPS MOTOR 4-TAK LARI NGIBRIT.

Sekedar bagi-bagi pengetahuan, saya mempunyai sepeda motor Honda Kharisma 125 D. dan saya paling hobi uprek-uprek, dengan  langkah Tune Up supaya performa mesin dan akselerasi bisa meningkat. lebih kenceng dari yang standar, maka langkah-langkah yang perlu diperhatikan dan diubah adalah:

  1. Tingkatkan perbandingan Kompresi, banyak cara untuk meningkatkan kompresi. seperti mengganti piston dengan ukuran yang lebih besar/memakai spare part racing, persempit ruang bakar yang bisa ditempuh dengan bubut kop silinder. Perlancar saluran dari karburator menuju ruang bakar (IN) dengan memperbesar diameter lubang dan perhalus. Hal serupa juga dilakukan pada saluran EX supaya sisa gas buang yang diteruskan ke Knalpot menjadi lebih lancar.
  2. Perubahan durasi pada noken as (camshaft) sangat diperlukan untuk mengatur keseimbangan/keselarasan antara pasokan bahan bakar masuk dan pembuangan sisa pembakaran melalui buka/tutup klep.
  3. Gantilah perangkat pengapian dengan menggunakan part yang menghasilkan RPM lebih tinggi dan sudut pengapian yang berbeda.
  4. Perubahan pada gear ratio, dengan perbandingan yang lebih dekat atau close ratio.
  5. penyesuaian pada campuran bahan bakar dan udara pada Karburator, bisa ditempuh dengan jalan mengganti main-jet dan pilot-jet. sehingga pada saat putaran tinggi tidak kekurangan pasokan bahan bakar yang menyebabkan detonasi atau seperti jangkrik yang menyebalkan.

itulah sedikit pengalaman membuat motor 4-tak tambah kenceng. dan alhasil motor Honda Kharisma saya jadi jarang yang mendahului..

semoga memberikan manfaat.

61 thoughts on “Modif Motor 4 langkah

  1. kapan2 bolehlah tanding sama motor saya! berani???

  2. Trima kasih, tipsnya..

  3. Tips yang keren… :-)

  4. wah, saya gak hobi modif motor. mungkin merasa terlalu ribet. he2. tapi suka juga kalo lihat motor modif. keren!

  5. Bisa dipraktekin nie bos..

  6. jupiter MX saya punya sudah diganti knalpotnya dengan yg suaranya besar… tapi kok powernya malah jadi hilang?

    • @Love4Live, itu bisa disebabkan karena campuran udara dan bahan bakar dari karburator kurang pas,. untuk motor 4-tak yang sudah diganti knalpot biar sip.. bisa mengatur main jet dan pilot jetnya(ada pada karburator), kalo masih ga keluar powernya.. bisa saja ditingkatkan perbandingan kompresinya..

  7. jupiter MX saya punya sudah diganti knalpotnya dengan yg suaranya besar… tapi kok powernya malah jadi hilang? itu kenapa yaaa???

  8. ngoprek motor jadi inget force one dulu 2 tak dijamin kuenceng..

    • @endar, inget masa lalu ya mas.. Force one memang paling tangguh di zamannya, merk lain kalah.. dan oprek-opreknya pun lebih simpel, tapi hasilnya memuaskan..

  9. sayangny hobiku nguprek brg yang ga keliatan…..

  10. nyontek tipsnya ya mas ..
    hubbyku suka banget hias2 dan modif motor .. biar artikel ini jadi masukan buat dia jika ingin modif si bebek hitam di rumah ..

  11. bang_gimana cara ngilangin limit jupiter mx ?

  12. PJ& MJ saya udah diganti bahkan gear blakang saya gnti ukran 34 biar uujung`a mantep. py knp pas msuk gigi 4 naek`alama????????

  13. aku mae tanya klw pake fullset DAITONA apa tambah powernya????

  14. saya sudah coba apa yang ada di atas tapi perkiraan ku itu semua masih kurang maksimal,
    gymn klw di ganti fullset DAITONA ya sprt kepunyaan saya,boleh di tes dgn FIS R garapan saya

    • @fidya, memang sich bos kalau ulasan diatas kurang maksimal, lebih jelasnya hanya untuk membuat tarikan motor standar lbh enak bwt harian, bukan buat balapan diarena bos!? F1ZR bisa garang jg walau ga pake spare part daytona.Ganti piston punya RX King, ama sedikit sentuhan dilubang bilas dan transfer..

  15. mtr rx king aq kurang bgt lajux.. mohon bntuanx bro gmana rajaq bisa ful larix.tolong tipsx ya?

  16. @eriksugiarto, rx king bisa mencoba memajukan pengapian, perbesar kompresi, ganti knalpot, seting karburator, dan perhalus lubang-lubang transfer dan buang…

  17. Ikutan yaa?
    Klo pkè knalpot standar, bsa brubah g akselerasinya? Sya pakè new vega R..
    Gmn cranya?

  18. Mau tanya.. Saya punya Karisma 125D.. Untuk ukuran main-pilot jet itu lebih baik saya gunakan yang ukuran berapa yak?? Oya, saya juga make motor ini untuk jarak jauh, sekitar 40km/hari.. Selain cepat, saya juga memperhatikan ketahanan mesin juga, so.. lebih baik saya gunakan seher over berapa??
    Ditambah lagi, buat kopling, mending beli bak-nya atau kita bikin lobang lagi??
    Thx.. N maaf kalo saya bawel..
    *Cheers*

    • @Alfa, mendingan pake ukuran standar aja kalau mesin masih standart, kalau mau tarikan lebih enteng dan mesin masih tetep tahan. pake aja seher punya kawasaki kazeR, oversize standar.. pasti tarikan lebih greng!! kalau mau buat kopling manual tanpa ngrusak bak kopling bisa lewat lubang oli…

  19. bos gua mw tanya gmna cara bsa bkin jupiter mx langkahnya cepat tapi gag harus limiternya keluar?????tolong bos kasih saran ?????maksh

  20. OOh.. Iya.. Iya.. Terus kalo mau bikin kopling yang lewat lubang oli tuh beresiko gag bang??

  21. bos saya pnya supra 125 D..
    spek yang saya jejelin ky gni..
    – piston blitz joy 200
    – karbu RX king
    – per klep standart ganjel ring 2mm
    – cdi BRT versi dual band
    selain itu msh standart smw..

    nah yang jd problem…nh mtr cm menang gertakan awl aja…tuk maen di trek liar loyo..

    minta saran’a dong bos…biar lbh yahud lagi tuk maen di DRAG..apa lgi spek”a yang harus di jejelin k tuh motor..
    tolong bos ya..klo bisa se detail mungkin…karna saya ngerjain motor sendiri di rumah..

    • coba aja besarin klepnya, lubang intake dan exhaust juga di perbesar..
      kalau mau lebih extreme, majukan strokenya.. dikit aja biar putaran atasnya tambah ok, atur juga sudut squisnya..

  22. saya ada kharisma X 2004 semua maseh tingting… liat diatas ada ganti seher kazeR.. apakah dudukan dan semuanya sama terus kalau dapet seher kazeR apa lagi yang harus disetting? perjalanan sehari 100km pengennya seh agak lebih ringan dan awet mesin..

    • pas semua bos, tinggal colter aja ama nglebari coakan buat klep in ex yang di seher,…

      • wah kalau di colter berarti nti gak bisa di balikin ke ori lage yah? hiks..?
        Minta saran dunk step2 yang harus dilakukan untuk meningkatkan performa kharisma gw… kalau bisa seh yang nantinya bisa dikembalikan seperti semula biar gak ancur harganya kalau di jual..

      • tenang aja,… masih tetep bisa di kembali’in ke originalnya kok,.. tinggal bawa ke tukang colter, dah beres kok!

  23. mau tanya tambahan.. kalau ganti seher kaze trus nti mau kembaliin lagi ke original bisa gak yah? ada yg punya ide buat ningkatin performa kharisma? step by step yah soalnya newbie bgt dan dana gak ada banyak.. trus kalau bisa nti original part bisa di pasang balik biar kalau mau jual gak ancur harganya.

  24. numpang tanya bro…! klo megapro diganti ma cdi racing kira” topspeednya tambah ga? klo tambah kira” brp km? (hanya cdi aja)

  25. wah sama ,, spada mtor aqu jg karsma..
    bisa nich kpan” aqu cba…
    biaya nya brpa eaw????

  26. mas saya punya supra 125d nh….
    saya kpengen naikin performanya…
    tolong jelasin alat-alatnya yang harus saya beli agar gag dikira katrox ntar waktu ke toko spare partnya…
    thanks…

    • untuk pengapian :
      – bisa ganti cdi racing
      – pake magnet racing
      – bisa juga pake koil + busi racing
      untuk gearbox
      – pake rasio yang lebih ringan
      mesin
      – ganti noken as racing
      – perbesar piston/perbesar kompresi
      – perbesar lubang pasokan bahan bakar+lubang buang
      – pake knalpot racing yang sesuai

  27. 1) klo ganti gear blkg enak pake punya supra fit atau blade?
    2) saya mau ganti pilot jet 38 dan main jet 78 ori keihin, bisa bantu saya beli keduanya masbro?

  28. Bantu cariin nanti saya beli, soalnya di tmpt saya udah punah…atau ada merk lain selain keihin yg bagus bro? Soal gear blkg bagus mana, fit atau blade?

    • kalo ga pake keihin bisa juga pake mikuni, yang 24 mm,
      kalau mau gasnya bisa spontan harus mengubah dapur pacu (ruang bakar) dan juga pengapian,.. saluran saluran input dan output, juga harus direamer.

  29. Klo hsx 125 saya msh standard ting2 apa boleh ganti pilot jet 38? Efeknya signifkan? Cara bawa hsx 125 yg bener gimana ya biar powernya keluar, yg saya rasakan gas bener2 hrs diurut sangat2 pelan, tdk cocok dgn cara saya bawa motor…apa tdk bisa diubah karakter gasnya?

  30. Juragan warungnya kemana ya?

  31. mtor saya jg kharisma sdh gnt piston kaze,klo mw gnt pilot jet n main jet ukuran brp ya bgusnya?

  32. brow saya mau nanya kan saya punya karisma n udah diceperin tapi kurang ceper pengen lebih ceper lagi pake sok belakang apa ya.? kalo sok depan udah turun mentok.

  33. coy,,, yang beat itu,, saringan udaranya di copottt…

Berikan Balasan

