Tentang Drag Race

DRAG RACE balapan di trek lurus berjarak pendek 402 meter (jarak trek International) tapi di Indonesia saat ini kebanyakan berjarak 201 meter (mungkin karena sulit mencari trek lurus 402 meter ditambah jarak pengereman 200 meteran) yang diperlukan adalah kecepatan spontan dari 0 – ? dijarak terbatas 201 meter dengan demikian diperlukan power mesin dan torsi yang sesuai (tidak harus besar, karena akan sulit dikendalikan) untuk gear harus disesuaikan dengan power engine nya juga. intinya bagaimana mendapat waktu tercepat sampai pada garis finish.

(Motor Drag) apa aja yang perlu diubah?Motor Drag Race

Konsekuensi Motor Drag/Motor dengan perubahan maksimal

- Bahan bakar lebih Boros

- Suara mesin lebih kasar

- Mesin cenderung berumur Pendek daripada mesin standar

STEP-STEP PERUBAHAN

MENGUBAH INTAKE SISTEM

- Pake Filter Tipis/Dilepas

- Pake Leher Angsa (intake manifold) Yang Lebih Pendek

- Pake Karburator dengan lubang venturi yang lebih besar

- Jika perlu penambahan, Maen Forced Induction (Turbocharger, Supercharger, Nos)

- Memperbaiki Efisiensi Folumetrik (Panjangin Batang Klep,Memperbesar Diameter Klep)

MENGUBAH PEMPROSESAN

- Ganti Noken As Yang Berdurasi Tinggi

- Ganti/Modifikasi Head Untuk Meningkatkan Efisiensi Dan Kompresi

- Ganti Piston Yang Lebih Lebar Diameternya Dan Lebih Panjang Diukur Dari   Lobang Pin Pistonnya (Awas antara Head dengan Klep)

- Ganti Busi Kompresi Tinggi

- Ganti Koil (Koil Mobil Kalo Sanggup)

- Mengubah Exaust Sistem

- Meperlancar Lubang Pembuangan(Mesin)

- Memperbesar Lubang Pembuangan(Knalpot)

- Mengganti Knalpot Dengan Yang Lebih Lancar

Knalpot DragBike

Knalpot untuk motor Drag harus memperhatikan perbandingan kompresi, campuran bahan bakar dan udara atau setingan main jet dan pilot jetnya. Karena banyak terjadi pada putaran rendah akselerasi pas, tapi pada RPM tinggi kurang maksimal.

PERATURAN DRAG BIKE

A. LINTASAN UNTUK DRAG BIKE

  1. Lintasan terdiri dari dua buah jalur dengan lintasan pacu dari Garis Start sampai dengan Garis Finish sepanjang 201 meter dan panjang lintasan pengereman sepanjang 201 meter.
  2. Lebar lintasan pacu minimal 4 meter tiap jalur.
  3. Lintasan harus bebas dari halangan/hambatan, dengan kondisi jalur aspal yang datar dan rata.
  4. Lintasan pacu dan pengereman harus diberi pemisah jalur yang tidak menghalangi pandangan dengan ban atau karung dengan tinggi minimal 60 cm.
  5. Lintasan pacu dan pengereman yang berbatasan dengan penonton wajib dipisahkan dengan pagar pembatas yang tertutup rapat, Minimal 1,5 meter dari tepi jalur lintasan.
  6. Dibelakang garis start harus disediakan daerah untuk persiapan, line up dan start dengan minimal panjang 10 meter.

B. PESERTA

  1. Peserta wajib memiliki Kartu Izin Start untuk Kategori Balap Motor.
  2. Setiap peserta hanya diijinkan untuk mengikuti maksimal 3 kelas Utama.
  3. Setiap peserta diwajibkan memakai satu nomor start di setiap kelas yang diikuti.
  4. Setiap peserta hanya boleh mendaftar satu kali di kelas yang sama.
  5. Setiap peserta wajib mendaftar minimal satu kelas di Kelas Utama.
  6. Penggantian peserta sesudah scruttinering dilarang keras.

C. KELAS-KELAS UTAMA

Kelas-kelas Utama yang dilombakan untuk Kejuaraan Nasional Drag Bike adalah :

  1. Kelas Campuran 250 cc 2 Langkah Tune Up
  2. Kelas Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up
  3. Kelas Sport 150 cc 2 Langkah Tune Up
  4. Kelas Bebek 125 cc 2 Langkah Tune Up.

Adapun kelas-kelas lainnya merupakan Kelas Pendukung

D. BATAS KAPASITAS SILINDER

Kelas Campuran 250 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 250 cc
Kelas Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 130 cc
Kelas Sport 150 cc 2 Langkah Tune Up : 135 cc s/d 155 cc
Kelas Bebek 125 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 125 cc

E. TATA CARA LOMBA

  1. Lomba dilaksanakan dalam 2 heat.
  2. Urutan start Heat kedua berdasarkan hasil dari Heat Pertama. Waktu terkecil pertama start dahulu, dilanjutkan urutan waktu terkecil kedua danseterusnya.
  3. Pada saat peserta masuk ke area starting, peserta akan ditentukan panitia jalur mana yang akan dipergunakan peserta tersebut (jalur A atau B),dengan jalur yang berbeda setiap heat.
  4. Peserta wajib membawa kendaraannya dan hadir ditempat start sesuai dengan jadwal start untuk kelas tersebut.
  5. Peserta yang terlambat hadir 5 menit setelah peserta terakhir didalam kelas tersebut dianggap mengundurkan diri.
  6. Tidak diperbolehkan memperbaiki kendaraan di area starting.
  7. Tidak diperbolehkan memindahkan gigi dengan tangan.
  8. Kedua tangan harus memegang stang kendaraan dan tidak diperbolehkan mengangkat kaki, baik sebelah maupun kedua-duanya keatas jok.
  9. Peserta yang mencuri start langsung dikenakan sanksi Diskualifikasi.
  10. Start dilakukan dalam keadaan mesin hidup/menyala.
  11. Perlombaan ini terdiri dari dua heat yang mengambil waktu tempuh tercepat dalam detik dan pecahannya (Best time).
  12. Pencatatan waktu dilakukan digaris Finish yang dilakukan dengan alat cetak dan didukung pencatatan biasa (alat cetak waktu bukan suatu keharusan).
  13. Hasil waktu tempuh peserta yang dikeluarkan oleh kamar hitung adalah mutlak dan tidak dapat diprotes/diganggu gugat.
  14. Jika terjadi nilai waktu yang sama, pemenang ditentukan dari catatan waktu yang terbaik di heat kedua.
  15. Bila masih sama, untuk menentukan pemenang dilihat dari kapasitas cc yang lebih kecil.
  16. Ada atau tidaknya suatu protes panitia berhak memerintahkan pembongkaran mesin kendaraan peserta. Sanksi : Diskualifikasi.

F. PENGHENTIAN LOMBA DAN RESTART.

Jika lomba harus dihentikan, baik karena ada kecelakaan, cuaca yang tidak mengijinkan atau munculnya situasi yang membahayakan apabila lomba diteruskan, maka Pimpinan Perlombaan akan mengumumkannya di garis start. Batas waktu 30 menit setelah lomba dihentikan, diadakan pemantauan situasi bersama Dewan Juri.

Keputusan untuk menghentikan lomba (dengan alasan apapun), merupakan wewenang Pimpinan Perlombaan atau Dewan Juri. Apabila Pimpinan Perlombaan tidak di tempat, dapat dilakukan oleh Wakil Pimpinan Perlombaan.

Apabila lomba dihentikan ketika start baru diselesaikan 3 pembalap atau kurang maka :

  1. Lomba sebelum dihentikan dinyatakan batal.
  2. Semua Pembalap yang mengikuti lomba dapat melakukan restart.
  3. Jika lomba tidak mungkin dimulai kembali, maka lomba tersebut dianggap tidak dilaksanakan dan para Pembalap tidak mendapat point kejuaraan.
  4. Restart harus sudah dilakukan selambat-lambatnya 30 menit setelah penghentian lomba.

Apabila lomba dihentikan setelah start diselesaikan 3 pembalap atau lebih, tetapi di bawah 2/3 dari jumlah peserta yang terdaftar di kelas tersebut, maka :

  1. Bagian dari lomba sebelum dihentikan dinyatakan sah dan merupakan bagian dari lomba secara keseluruhan.
  2. Hasil bagian sebelum lomba dihentikan diambil /dihitung saat para pembalap menyelesaikan start secara penuh tanpa ada tanda Bendera Merah.Dengan demikian maka :
    1. Pembalap yang diperbolehkan melakukan restart, adalah mereka yang belum melakukan start di bagian lomba sebelum dihentikan.
    2. Pembalap diperbolehkan melakukan perbaikan pada motornya.
    3. Restart harus dilakukan selambat-lambatnya 30 menit setelah lomba dihentikan.
    4. Apabila restart tidak mungkin dilaksanakan dan lomba dinyatakan selesai sampai saat dihentikan, maka point/nilai kejuaraan yang diberikan kepada para pemenang adalah setengah dari point kejuaraan yang tercantum dalam Peraturan Pelengkap. Apabila 2/3 dari jumah lap yang tercantum dalam Peraturan Pelengkap telah diselesaikan, maka :
      1. Lomba dinyatakan selesai.
      2. Posisi/Peringkat Pembalap ditentukan oleh hasil masing-masing Pembalap s/d saat dihentikan.
      3. Point/nilai kejuaraan diberikan secara penuh.

G. POINT DAN HADIAH UNTUK SETIAP KELAS UTAMA :

POINT/ANGKA/NILAI KEJUARAAN.

  1. Point/angka diberikan kepada pemenang :
    1. Tiap Heat : pada lomba yang terdiri dari beberapa Heat.
    2. Peserta akan kehilangan seluruh point yang diraihnya apabila memanipulasi data nama asli sesuai kartu pengenal sah, umur, domisili, kategori maupun data lainnya. Dilarang keras memakai nama panggilan, alias maupun julukan.
    3. Tiap Putaran perlombaan dari suatu rangkaian seri kejuaraan.
  2. Point/angka yang diberikan kepada pemenang adalah :
Pemenang ke 1 – 25 Pemenang ke 8 – 8
Pemenang ke 2 – 20 Pemenang ke 9 – 7
Pemenang ke 3 – 16 Pemenang ke 10 – 6
Pemenang ke 4 – 13 Pemenang ke 11 – 5
Pemenang ke 5 – 11 Pemenang ke 12 – 4
Pemenang ke 6 – 10 Pemenang ke 13 – 3
Pemenang ke 7 – 9 Pemenang ke 14 – 2
Pemenang ke 15 – 1
  1. Hadiah :
  • Juara I Rp. 1.250.000,- + Piala
  • Juara II Rp. 1.000.000,- + Piala
  • Juara III Rp. 800.000,- + Piala
  • Juara IV Rp. 600.000,- + Piala
  • Juara V Rp. 400.000,- + Piala

Hadiah uang tersebut dibagikan dengan ketentuan :

  1. Keseluruhan hadiah uang tersebut diatas dibagikan apabila jumlah pembalap yang mengikuti kelas tersebut sekurang-kurangnya 15 peserta.
  2. Apabila jumlah pembalap yang mengikuti kelas tersebut 12 peserta atau lebih tetapi kurang dari 15 peserta, hadiah uang hanya diberikan kepadaJuara I, II, III. Sedangkan Juara IV dan V hanya menerima Piala saja.
  3. Apabila jumlah pembalap yang mengikuti kelas tersebut hanya 8 peserta atau lebih tetapi kurang dari 12 peserta, maka hadiah uangnya hanya diberikan kepada juara I, sedangkan Juara II – IV hanya menerima Piala saja.

H. BIAYA PENDAFTARAN

Biaya pendaftaran maksimal sebesar Rp 200.000,-

I. SPESIKASI GERBANG START DAN LAMPU START

  1. Lampu berada ditengah lintasan berjarak 3-4 meter dari garis/gerbang start dengan ketinggian 2–2,5 meter dari permukaan lintasan.
  2. Garis start berupa 2 garis lurus sejajar melintang dilintasan dengan jarak 50 cm pada saat peserta melakukan start roda depan berada diantara 2 garis tersebut dalam keadaan diam/statis.
  3. Sensor jump start sejajar dengan garis luar (pasal 8.2)
  4. Start dilakukan pada saat lampu merah padam (apabila mengunakan lampu merah) atau pada saat lampu hijau menyala (apabila mengunakansystem Chrismas Tree).

J. PERATURAN TENTANG TEKNIK MOTOR DRAG BIKE

Kendaraan yang diperbolehkan turut serta adalah semua sepeda motor yang diproduksi negara Asia, kecuali pada kelas Campuran.

Untuk semua kelas, ketentuan masalah teknik kendaraan yang boleh dirubah atau diganti adalah :

  1. Kapasitas mesin sesuai dengan kelasnya masing-masing.
  2. Pelek depan dan belakang diperbolehkan diganti dengan minimum 16 inci dan maksimum 19 inci dan merupakan pelek untuk sepeda motor.
  3. Ban bebas, baik slick maupun non slick. Akan tetapi harus mempunyai kedalaman minimal 2 mm dan merupakan ban untuk sepeda motor, dengan ukuran minimal 2.00.
  4. Ukuran-ukuran ban minimal 50/90 – 17 depan
  5. Ukuran-ukuran ban minimal 60/90 – 17 belakang
  6. Spatbord depan harus terpasang boleh dirubah/diganti.
  7. Rem depan dan belakang harus terpasang dan berfungsi sempurna.
  8. Rangka diperbolehkan dibor, dengan batasan minimal 10 cm dari sambungan rangka.
  9. Suspensi depan dan belakang boleh dirubah atau diganti, akan tetapi sistem suspensi depan harus merupakan jenis telescopic dengan hydroulic atau friction dumping dan tidak membahayakan peserta. Diperbolehkan memasang stabilisator.
  10. Suspensi depan mempunyai spasi gerak peredaman minimal 5 cm.
  11. Panjang atas sisa as suspensi depan tidak boleh menonjol lebih dari 5 cm di atas stang dan diberi tutup pengaman.
  12. Suspensi belakang boleh dirubah atau diganti dari suspensi ganda menjadi monoshock atau sebaliknya dari monoshock menjadi ganda.
  13. Tangki bahan bakar boleh dirubah atau diganti tetapi harus terpasang dengan kuat pada rangka dan bahan bakar tidak mudah tumpah, di mana pengganti tangki tidak boleh terbuat dari bahan plastik (tabung oli, jerigen dan lain-lain dilarang, kecuali bawaan dari pabrik) dan harus mempunyai katup/ kran pembuka dan penutup.
  14. Tangki bahan bakar tidak boleh merupakan bagian dari kerangka/frame kendaraan.
  15. Wajib memasang tombol cut off (pemutus arus) untuk mematikan mesin.
  16. Jok boleh dirubah atau diganti dan dirancang supaya pengendara aman dan nyaman duduk pada posisinya, harus terpasang kuat dengan ketebalan minimum 3 cm, serta harus mempunyai rangka tersendiri.
  17. Posisi pijakan kaki/footstep boleh dirubah atau diganti.
  18. Pipa knalpot boleh diganti, tetapi panjangnya ke belakang tidak melebihi ban belakang dan tidak mengenai pengendara, tangki bahan bakar atau ban.
  19. Ujung stang/handlebar harus tertutup karet, sedangkan ujung batang handle rem dan kopling harus bundar, tidak boleh lancip dan runcing.
  20. Diperbolehkan untuk melakukan modifikasi/perubahan untuk seluruh bagian dalam mesin dan perseneling (gear box).
  21. Stang stir (pengemudi )boleh dirubah pakai system stang jepit.
  22. Kedudukan tempat pijak (footstep) boleh dirubah/dipindahkan kedudukannya .
  23. Wajib membuat papan nomor untuk didepan motor boleh rata atau melengkung.
  24. Berat kendaraan + pembalap sesuai dengan kelas-nya:Berat Kering (Tanpa bahan bakar)
    1. Kelas Campuran 250 cc 2 Langkah Tune Up : 125 kg.
    2. Kelas Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up : 115 Kg.
    3. Kelas Sport 150 cc 2 Langkah Tune Up : 125 Kg.
    4. Kelas Bebek 125 cc 2 Langkah Tune Up : 115 Kg.

Balast atau pemberat harus berupa lempengan timah yang terikat dengan sempurna pada rangka tengah motor

  1. Karburator bebas.
  2. System pengapian bebas

K. LAIN-LAIN

  1. Apabila ada pasal yang membahas hal yang sama antara Peraturan Balap Motor dengan Peraturan Drag Bike maka yang digunakan adalah PeraturanDrag Bike.
  2. Apabila ada Peraturan yang belum tercakup di dalam Peraturan ini, semuanya mengacu kepada Peraturan Balap Motor, yaitu : Peraturan Dasar Olahraga Sepeda Motor Nasional berikut Lampiran-lampirannya.
About these ads

52 thoughts on “Tentang Drag Race

  1. nanti malam nruthus…
    aku gek ngedrag seko Yoja menuju ke Semarang ki!

  2. wah, tipsnya apik mas. tapi motorku isih maneman dimodif aneh2. he2. :)

  3. Mtor’ku supra mas.
    Wez ckp kenceng,lumayan puas jg.
    Biasa’e tak pke drag liar.
    Mtor’ku cma gnti karbu,piston,cdi,noken,koil,klep.
    Lain’e ak gk tau,cma ak srahin ke bengkel’na aja.langsung jd gtu.

    Tips di atas bermanfaat bget.
    Gk rugi msuk ke sni.

  4. mas .maaf mu nanya.mtr ninja ku bawahnya kenceng.tapi atasnya diem apanya ya ?udah d seting2.masih aja gtu.thanks?

  5. mas mau nyak nh,ngtung pnjang stroke yg ideal ma diameter piston yg katax brpngruh bnget ma Dinport klep ma D klepnya.noun sewu y mas.

  6. maaf mas nambah,cra menghitungx?

  7. makasih mas pepenk atas sarannya

  8. ngedraknya kpn nie mulainya……

  9. @ucox, ga tau mas kapan.

  10. saya pecinta rk-king,gimana supaya lebih kenceng n gmn cra merubah head silinder yg baik?klo boleh sklian ksh tau rumus perhitunganya…?tanx broo

    • @zilonx’s, buat RX king bisa dengan cara memperbesar lubang-lubang transfer. untuk setingan head silinder bisa menyesuaikan diameter piston. papas head silinder dan atur lagi sudut squisnya..

  11. exshos sy buat 25,berapa drajat kemiringan head silinder yg cocok?n gimana cara menggeser drajat pengapiannya?……

  12. @zilox’s, untk diameter lubang2 bilas yg brada dlm linier(bkn ujung lubang yg dpt knlpot&krbu) biasanya saya pangkas ke atas 2.5mm dan ksamping 2mm lumayang power keluar tnpa maen kopling. Utk silindr saya cndrung menyesuaikan diameter piston. Yg pnting ga piston ga mentok ke silindrkop &koMpresi bs padat. Kalo mw yg mudah bs lgsung gnti cdi yg rasing. Pngapian dah maju beberapa drajat trgantung dr mrek cdi msing2. Kalau cara yg agak rumit ya, ngubah dudukan pulser supaya bs digeser brlawanan dg arah putaran magnet. Bs jg menggeser magnet searah putaranNya.. Tp biasanya kndalanya pen magnet ga bs dipasang.. :)

  13. yo yo gw kls 6 ds d krtni 2 batam gw pngn nglhin angga rempit motr gw bkln kncng bngt soooo pste

  14. bgai mna crax sich ngencangin satria 2 tak

  15. mas aku jalok artikel komplit tentang silinder head ono ra!…….dari materialnya , cra pembuatan trus modifikasinya……..tankyuu yo……ehm lak ono tlong krim ke otnay_vam@yahoo.com suwon mas…..

  16. Mantap infonya mas.
    Mau tanya mas, klo drag cara ngoper gear pake turunin gas ga? Apa efek negatifnya klo ngoper gear ga pake nurunin gas? Ada perbedaan ga cara ngoper gear motor yang dah pake close ratio dengan yang masih standar?

  17. mas pengen tau gmna cara bikin motor drag …

  18. sip mas,, sya kagum mas atas informasinya……..

  19. berarti rugi ikut drag. modif mesin sampai ekstrim kan nggak murah. juara 1 hadiahnya cuma segitu. itu anggap aja uang balik modal. bukan hadiah. malah masih rugi kalo diitung-itung…

  20. Ping-balik: Tentang Drag race « Coaxs's Blog

  21. mas motor ku motor mocin tapi dah di borup dah ganti karbu pake karbu king+kuil racing hrp+busi racing tdr mas gmana cra nya dongk biar bsa ngalahin satria f eh mas ea skalian gmana cra nya supaya si karbu gx beberebetan truz

    • @imam septian, mesinnya dah oke gitu bos!! coba aja main gigi rasionya, pake perbandingan yang deket/rapat.
      mungkin masih terlalu boros/mainjet dan pilotjetnya masih terlalu besar ukurannya,.. :D

  22. Salam_knal bwat kk_kk drag’s,aq blum ngerti soal balapan di_circuit resmi??? atas pemberitahuan nya trma kash banyak, aq ANAK SUKABANGUN 2, ska drag’s liar d’daerah Tanjun Api_Api [Bandara]??? Untuk kk_kk yg berpengalamman trma kash banyak ya………??????

  23. lam knal buat para bikers mtor drag”

    blh bgi inpirasi unt modifikasi mtor mjfi kncang….?

  24. mas ..
    aduuh ..
    tips ny mnteb bgdz niie ..
    bleh niie ..
    tp tep ajjh iia ..
    pgluaran nyh bnyag ..

  25. Mas q pny satria f skernyn tiger,,,
    Tp og klepny bengkok truz np ea,,,???
    Mksih,,,

  26. serem-serem motor nye………….
    bza xx standarann….

  27. ass…
    mas tolong ksh saran dong….
    motor q Karisma…
    udah strukan mas…
    bawahna galak bgt, tp kok atasna gag jalan yah…
    karbu pke shogun mas,….
    tolong sarana…

  28. Motor ane supra 125 gan
    Lg di ganti piston,kopling manual,karbu VM28,gas spontan ‘daytona’,per kopling,knalpot b-pazz
    Lg itu kurang apa ya buat bsa jadi 200cc
    Mohon respon’nya ya agan2
    Biar bisa lawan satria FU standart

  29. Ada yang ma’o jual blok seher+seher supra 125 bore up seher tiger gag yawh ??
    Klo ada tlong bantuan’nya
    Hp=087734808777

  30. Gan ada yang ma’o jual gearbox/rasio supra 125 2nd/new gag yaw klo ada yang ma’o jual sms yawh ke=087734808777
    Thanks

  31. Harga gearbox/rasio utk supra 125 berapa ya b0z ???

  32. gmana to maz cranya gabung???

  33. lagi cari bahan blok posh one nehh ada gak yang juall

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s