Cara Setting Main Jet Dan Pilot Jet

Main Jet dan Pilot Jet sangat berpengaruh besar pada setingan kendaraan, Khususnya motor 2 tak . Belum lama ini saya mendapatkan keluahan dari saudara saya yang berada di Lahat, Sumsel. dan pertanyaan yang paling lazim untuk kendala menyeting karburator adalah “bagaimana cara mengatur main jet dan pilot jet”.

Pilot jet dan Main jet untuk kendaraan bermotor memiliki ukuran-ukuran sesuai dengan kebutuhan mesin.

yang sering terjadi pada saat menyeting main jet dan pilot jet adalah hanya memperbesar lubang pada main jet saja. padahal untuk motor dua tak yang sudah di oprek seperti RX king saudara saya. sangat membutuhkan pasokan bahan bakar yang lebih besar pada putaran bawah dan menengah. untuk itu pilot jet harus di besarkan. dan setingan main jet nya menyesuaikan dengan tabung knalpot (besar/kecil tabung knalpot racing).

hasilnya untuk mesin yang masih belum panas, motor cenderung brebet. dan bila mesin sudah panas maka akan hilang brebetnya.

NB : Untuk setingan karburator dua tak yang sudah dioprek lebih baik memperbesar lubang pilot jet nya. karena bisa terjadi panas yang berlebihan saat motor berada pada putaran menengah. dan masih menggunakan pilot jet yang masih standar. mesin sangat kurang pasokan bahan bakarnya. bisa saja terjadi macet pada piston.

About these ads

54 thoughts on “Cara Setting Main Jet Dan Pilot Jet

  1. wah… lumayan, tambah ilmu nyetting PESAWAT JET!… xixixi

  2. pilot jet karo main jet-jetan pak.. tapi dudu pesawat..

  3. wah kesuwun bgt ws bagi2 pengalaman,,tenk bro..

  4. boz cra’y gimana nyeting y di lubangi lagi lubang y biar tambah besar p di ganti pk yg lebih besar ukuran main jet/pilot jet y,,terus dampak ke yang lain berpengaruh y gimana….!!

    • @ivan, dilubangi aja pake jarum.. bisa juga diganti pake main jet/pilot jet ukuran yang lebih besar (maksud dilubangi sendiri kan supaya ngirit :)) kalau untuk motor standar pabrik pengaruhnya cuma boros aja, untuk motor yang dah di upgrade full baru berpengaruh banget…

  5. kepingin banter gak usah main jet-jetan,tumbaso jet gak usah di oprek- oprek wes banter

  6. ukurane piro…../????

  7. @dhex, ukuran mainjet pilotjet motor opo bos??

  8. mas gimana ya cara ngubah main atau pilot pada motor supra 125 biar putaran atas enak di gas, tapi mesin stndr?

    • @donny, kalau mesin msih standart, mendingan ga usah mengganti ukuran main jet/pilot jet. pakai aja yang standart. trus stel input udara yang masuk ke karbu aja.

  9. kalau buat ninja 150r supr kips standr, pilotjet+mainjet kalau mau di gnti enak e pke ukuran berapa????? tp buat harian

    • @ajikk, biasanya sih saya pake standar untuk seting motor yang masih standart.. karena pasokan bahan bakar yang dibutuhkan mesin juga masih standart, kalau di ganti dengan yang lebih besar. cuma dapet borosnya aja.. karena pengkabutan bahan bakar dan udara yang ada diruang bakar tidak terbakar sempurna oleh busi.

  10. Ping-balik: Tips memperbaiki Nozle pada Karburator « OPREK-OPREK

  11. boz,kalau buat shogun 125 dah ganti pke seker thunder,noken as hrp,cdi brt,busi dnso iridium.enaknya pke pilot jet n main jet ukuran brp???

  12. bos spda q yamaha jupiter Z tpi udah ubahan sekernya tiger (0) trus klepnya tiger karbunya shogun lemer ..tpi cdi cripton thun 00 …itu enknya main jet brpa trus jetnya bpra ?????

  13. boz ukuran Main Jet Dan Pilot Jet untuk ninja 150rr brapa standart…sama kalau ganti knalpot racing tp buat harian..diganti yg berapa?

  14. boz,klo vega th 2005 mesin 2008 standard,karbu standard,knalpot racing high,untuk harian enaknya pake pilot jet dan main jet ukuran berapa y??terimakasih

  15. bang,,,motor ane absolute revo 110,kebetulan ada beberap pertanyaan yang pengen ane ajuin!!””

    – kalo ganti knalpot racing yang cabangnya/bolongannya 2 penganruh gak mesin??….ruz kira2 knalpot macem pa yang pantes wat motor w??..
    – satu lagi bang,,klo ane ganti PJ ma MJ nya,,kira2 yg cocok merek pa???..ngerusak mesin gak??…..
    makasih yang bang wat pencerahannya,kebetulan ane orang awam soal mesin…

    • knalpot yang racing berpengaruh terhadap akselerasi, tapi juga harus mengimbangi pasokan bahan bakarnya, kalo motor masih standart pabrik coba pake knalpot AHRS sudah lumayan, harganya pun masih terjangkau.
      merk PJ dan MJ ga berpengaruh, yang penting ukurannya sesuai.

  16. kalo noken kira kira gamapang nggak cara sethingnya?
    CDI buat apa?
    munk nmbah lari PJ MJ 120 40
    SEDANGKAN karbo buat angin

  17. bro saya baru pasang PE 28 untuk CBR 150r, pilot dan mainjet nya 120/40, yg saya bingung motor jd kurang tenaga dan jg kl di gas pol untuk trek lurus motor saya jd seperti gejala habis bensin, padahal bensin masih banyak…
    tolongin donk apa penyebab nya ni motor, apa main dan pilotjet nya gk pas?
    kl iya, berapa ukuran yg bisa jd patokan saya…?

  18. boz,, motor z khan jupiter z pgenya buat speednya itu tambah kencang n cocoknya pake kampas kopling apa yah. trus gmana cara setting agin dan minyaknya.

  19. mas klo motor absolut revo masih sndart, main jet n pilot jet berapa supaya lebih enak tarikanx,,knlpot udh saya ganti n tabung filterx udh sayalepas tapi masih kurang tarikanya…ia mau korek2 dkarbu azh mas,,,,makasih maz

    • biasanya kalo motor standart, lebih enakan pake filter, sebab pasokan udara yang dibutuhkan masih standart. jadi ga perlu di lepas filternya, bisa berakibat fatal jika debu dan kotoran masuk ke ruang bakar, hasilnya menjadi kerak dan bisa mengakibatkan detonasi, kerak kerak tersebut juga bisa mempercepat piston aus..

  20. mas punya saya ninja rr,ganti knalpot racing,mesin uda di porting polish.
    trus ku ganti pj 27,5 and mj 290 kok di 7000rpm jalannya berebetan ya.
    faktor apa it???

    • kemungkinan terlalu besar ukurannya, bila pengapian di upgrade sakalian malah makin oke tu larinya, bisa jadi pengabutan bahan bakar dan udara tidak terbakar oleh pengapian standart,..

  21. bro..blade ane dah ganti knalpot Ahrs f4 khusus blade,dah ganti Pj 40..tp brebet..menurut AFR ..g perlu ganti Pj,karna bs bkin torsi trun,tp klo ktana mekanik Ahrs ganti Cdi brt,Pj naikin 2step,gir nambah 2mata bs lumayan tarikana..emang bener?

  22. saya mau tnya ne bro.. motor saya f1zr 2003 std.. saya mau ganti pilot jetnya jadi 20,,, mtr apa yang pilot jetnya sama dgn mtr saya. tap ukurannya 20..

  23. mas klo untk grand pilot jet nya ukuran brp?
    tpi sdh gnti karnu 26.

  24. Boz sura king ku ko ngeretek padahal udah ganti piston ma ring piston tapi tetap aja ngeretek .itu terjadi pada saat poringnya habis di bubut alias oper size 0.5 kasi donk solusinya.

  25. kalo ninja rr pake knalpot r9 harus setting apa mas bro…

  26. oke”
    thx
    tambah ilmu.

  27. trs klo gnti pilot jet pengaruh ia apan…. Kra2 bhaya gga…

  28. blz ia pniting bngt ne bwt mtr gua mio klo ganti pilot jet kra2 pngaruh ia aph…

  29. boz kalo motor ninja aneh kalo ditarik gas ko mberebet ,,kira2 PJ nya di ganti ukuran brapa,,,,,,thanks boz

  30. bang kenapa motor saya pake karbu pe 26 ori tapi pas di nyalain jadi ngegas trus apanya bang itu teh kira” yg harus di seting

  31. Boz ane mo tnya, mio pk piston sonic 58 masih suka nembak” kira” apa nya y boz

  32. bos motor saya force 1 bgus NYA MEN PA BOS

  33. boz ukuran pilot z sama sepuyer buat motor honda vario.enk nya pake ukuran berapa boz?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s