Kelebihan dan Kekurangan Motor 4 langkah dan 2 langkah

Pada dasarnya motor 4 langkah dan 2 langkah memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. kita perlu mempertimbangkan keunggulan, antara lain dari segi ekonomi (harga dan biaya perawatan), konstruksi mesin, performa mesin, dan polusi yang dihasilkan dari proses pembakaran. Kelebihan dan kelemahan sepeda motor 4 langkah dan sepeda motor 2 langkah adalah sebagai berikut:

Sepeda Motor 4 Langkah

Kelebihan:

  1. Lebih hemat bahan bakar
  2. Tidak menggunakan oli samping sehingga lebih ekonomis.
  3. Tenaga yang dihasilkan besar dan stabil, sehingga memiliki akselerasi yang baik pada medan pegunungan atau jalan menanjak.

  4. Asap yang dihasilkan dari proses pembakaran (relative) tidak ada atau ramah lingkungan.

Kekurangan:

  1. Perawatan mesin relative lebih sulit karena konstruksi mesin lebih rumit dibandingkan dengan mesin 2-tak.
  2. Oli mesin lebih boros dan lebih cepat encer karena melumasi seluruh bagian mesin dan bersirkulasi sampai ke silinderkop.

  3. Suara mesin lebih kasar dan kontruksi mesin lebih rumit.

Sepeda motor 2-tak

Kelebihan :

  1. Perawatan mesinnya lebih muda karena konstruksi mesin lebih sederhana
  2. Oli mesin lebih tahan lama karena hanya digunakan untuk melumasi mesin bagian bawah.
  3. Memiliki akselerasi kecepatan yang baik di jalan yang datar.
  4. Knalpot tidak mudah keropos karena di lumasi oleh butiran oli sisa pembakaran.

Kekurangan:

  1. Boros bahan bakar
  2. Dengan adanya oli samping, biaya yang dikeluarkan oleh pengguna sepeda motor lebih banyak.
  3. Asap knalpot yang dihasilkan dari proses pembakaran lebih banyak mengakibatkan polusi udara

kelebihan dan kekurangan motor 4 langkah dan 2 langkah

4 langkah menganut sistem pembakaran sempurna, sedangkan 2 langkah menganut sistem pembakaran tdk sempurna, karnanya ;

  1. akselerasi (tarikan) 2 langkah lebih spontan ketimbang 4 langkah (bukan kecepatan atau top speed).
  2. suara knalpot 4 langkah lebih halus ketimbang 2 langkah
  3. 2 langkah membutuhkan oli samping untuk pelumasan dinding silender yang ikut terbakar bersama uap bensin, sedangkan 4 tak silender didinginkan melalui saluran khusus oleh oli mesin yg ditampung di bak oli.

  4. karna pembakaran 2 tak tidak sempurna maka hasil pembakaran menghasilkan asap,sedangkan 4 tak tdk.(kandungan Co dan Co2 pd asap motor 2 tak jauh lebih tinggi,termasuk penyebab polusi) point 3 dan 4 menyebabkan 4 tak lbh irit bensin.

  5. karna konstruksi 2 tak yg lbh “sederhana” maka lbh gampang perawatan ketimbang 4 tak.
  6. 4 tak memeliki kemampuuan “engine brake” yg lebih baik, jd bagi pembalap boleh ngerem “terlambat ” sebelum masuk tikungan.

About these ads

20 thoughts on “Kelebihan dan Kekurangan Motor 4 langkah dan 2 langkah

  1. ternyata seperti itu to kelebihan dan kekurangannya..

  2. saya lebih suka 2tak… apalagi RX King… xixixi…

  3. @pak andy, fodho fak, aku yo mani.. Ak Rx KING..

  4. mas sya mao tnya tntang supra sya.. cra mengakali nmbh kompresi supra ap saja yg harus di rubah,, perlu tmbah pa lgi,,

    • kalau masih mau pake spare part yang standart, bisa dengan memapas silinder kop seperlunya, tapi jangan lupa atur juga sudut squishnya. bisa juga dengan mengganti piston.

  5. bagus bos ilmunya

  6. motor 2 tak engine brake nya sedikit dr mtr 4 tak maka akselerasinya enggak nahan / lbh cepat.

  7. gwa punya rx king 1995 ,gmn cranya biar oli samping agak ngirit krena selama ini sngat bros sex udah gwa stel tp tetep z msih boros

  8. q jg mw nanya harga karbu king ori skitar brp duwit

  9. salah keterangan nya kk…..
    2t itu lebih hemat bagi orang kaya hehehehhehe

  10. klo mesin 4 tak ada kerusakan merebet smua atau tidak ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s