Sekrup Setelan Udara dan Bensin pada Motor

Adalah suatu hal yg sulit mempertahankan rasio udara dan bahan bakar selalu tetap secara manual dalam karburator, sementara rasio ini bergantung pada suhu dan tekanan. Dalam kendaraan modern yg telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik (electronic fuel injection, EFI), rasio ini dikontrol secara digital elektronik oleh mikroprosesor | mikrokomputer.

Untuk mengatasi hal ini, karburator dilengkapi dengan pasangan pengatur penyebur yang dapat disetel secara manual, yakni sekrup atur udara penuntun (pilot air adjusting screw, PAAS) dan sekrup atur bahan bakar penuntun (pilot fuel adjusting screw, PFAS), disebut juga (idel air screw, IAS) dan (idle fuel screw, IFS). Sebutan lain adalah sekrup campuran idel (idle mixture screw, IMS) dan sekrup kelajuan idel (idle speed screw, ISS). Singkatnya, pengatur aliran udara (air flow adjuster, AFA) dan pengatur aliran bahan bakar (fuel flow adjuster, FFA), biasa disebut sebagai penyetel angin dan penyetel bensin.

Sekrup atur udara berfungsi utk mengatur kuantitas aliran udara memasuki karburator. Jika dilonggarkan, maka makin banyak udara memasuki karburator, sebaliknya jika dikencangkan, maka makin sedikit udara memasuki karburator. Begitu pula pasangannya. Sekrup atur bahan bakar berfungsi untuk mengatur kuantitas aliran bahan bakar memasuki karburator. Jika dilonggarkan, maka makin banyak bahan bakar memasuki karburator, sebaliknya jika dikencangkan, maka makin sedikit bahan bakar memasuki karburator.

Jadi pada karburator ada sepasang sekrup pengatur aliran. Di bagian depan tabung karburator, dimana udara masuk dialirkan dari penapis udara (air filter) terdapat sekrup yg berfungsi sebagai pengatur aliran udara alias penyetel angin, dan dibagian belakang tabung karburator, dimana bahan bakar masuk dialirkan dari penapis bahan bakar (fuel filter) terdapat sekrup yang berfungsi sebagai pengatur aliran bahanbakar alias penyetel bensin.

Karena pasokan bahan bakar terbatas sementara pasokan udara tidak, dan bahan bakar membeli sedangkan udara tidak, dan kuantitas dibutuhkan adalah lebih banyak udara daripada bahan bakar, maka pengatur aliran yang lebih berperan adalah pengatur aliran udara, sedangkan pengatur aliran bahanbakar diset tetap. Pada beberapa karburator kecil dan sederhana, sekrup setelan bahan bakar ini diset mati atau ditiadakan, sehingga hanya ada sekrup setelan angin.

About these ads

7 thoughts on “Sekrup Setelan Udara dan Bensin pada Motor

  1. Thanks infonya Sob….

    salam

  2. lha.. tak kira pas motorku mbrebet karena STNK ne ketekuk je mas :D

  3. asem di modarasi hiahahaha

  4. Ok makasih bagus sekali postingannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s