Tips memperbaiki Nozle pada Karburator

Mesin 4-tak susah langsam! Salah satu akibatnya lubang nosel sudah terlalu longgar. Meskipun skep menutup rapat, bensin keluar terus lewat celah nosel dan jarum skep (gbr. 1). Selain idling susah disetting, berakibat bensin boros, dan tarikan motor jadi berkurang.

Cara paling mudah mudah mengatasinya dengan jalan mengganti dengan repair kit karburator sesuai merk karburator tersebut. perkiraan harganya sekitar Rp 15.000 – 20.000 , akan tetapi, Repair kit karburator belum tentu pas dengan bodi karburator-nya. jadi sebelum mengganti lebih baik membawa contohnya saat membeli repair kit karburator.

Dari repair-kit ada jarum skep dan nosel baru. Biasanya kalau sudah terpasang dengan skep di karburator, antara jarum skep dan nosel masih ada celah. Atau bahkan bisa kelewat seret. Tetap saja harus seting ulang. 

Cara lain mengatasinya, Enggak perlu membeli repair kit. Cukup melakukan penyempitin pada lubang nosel yang sudah loer atau longgar. Pertama, ketika terpasang pertemuan antara jarum skep dan nosel (gbr. 2), ditandai pakai benda tajam di bodi jarum. Lalu keluarkan lagi nosel dari tempatnya.

Ambil palu kecil. Ketok pelan-pelan lubang nosel atas (gbr. 3). Jangan kelewat keras, nanti rusak. Kalau sudah, coba masukkan jarum skep. Kira-kira pas garis yang sudah ditandai harus pas. Tidak ada celah. Jika masih kurang ketok lagi sampai pas. Rebes, dah!

lakukan penyetelan ulang pada pasokan angin karburator. lebih jelasnya baca artikel ini  cara setting main jet dan pilot jet

semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Tips memperbaiki Nozle pada Karburator

  1. pedal gas tidak bisa langsung kontan di tarik ban motor nya ga bisa berputar, perlu perlahan-lahan menarik pedal nya agar bisa jalan . tuas cock nya pun di buka penuh agar bisa hidup .
    kata orang bengkel karburator nya RUSAK apakah benar begitu ??? mohon jawaban nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s