Jet angin & Jet bensin motor

Dalam keadaan mesin hidup, tapi kendaraan tidak bergerak alias diam di tempat, mesin dinyatakan dalam status stasioner atau idle alias tanpa beban. Dalam keadaan ini, AFR ideal adalah 14,7 : 1. Bahan bakar mengalir dalam karburator ke mesin hanya melalui penyembur diam atau jet idel (idle jet) yang disebut juga sebagai penyembur penuntun atau jet pilot (pilot jet, PJ). Pelat katup cekik atau klep trotel (throttle valve plate) tertutup penuh atau hanya terbuka sedikit. Udara mengalir masuk ke karburator hanya melalui celah potong-buang pelat klep trotel (throttle valve plate cut-away).

Ketika kendaraan bergerak atau ketika tuas percepatan | akselerasi ditekan, pelat klep trotle membuka. Makin besar akselerasi, makin lebar pembukaan trotel. Dalam keadaan trotel membuka, aliran udara menerobos karburator lebih banyak, dan bahan bakar pun mengalir lebih deras.

Karena pemakaian bahan bakar lebih banyak, permukaan bahan bakar dalam kamar pelampung (float chamber) pun turun dariastis, sehingga pelampung turun dan secara otomatis membuat klep penyembur jarum (needle jet, NJ) terbuka lebar, sehingga aliran bahan bakar dari tanki bahan bakar melalui penapis bahan bakar (fuel filter) yang tadinya ditahan oleh klep ini segera mengaliri kamar pelampung sampai mencapai ketinggian permukaan seperti semula.

Jika tuas akselerasi dilepas kembali, sampai kendaraan dalam keadaan idel, trotel kembali menutup, dan pelampung kembali naik ke ketinggian idel, sehingga secara otomatis membuat klep penyembur jarum tertutup, dan aliran bahan bakar dari tanki kembali dihambat.

Sebaliknya, jika tuas akselerasi terus ditekan, trotel membuka makin lebar, udara masuk makin banyak, dan agar rasio udara dan bahan bakar dapat dipertahankan tetap, bahan bakar dibutuhkan lebih banyak, dan untuk itu jarum penyembur (jet needle, JN) yang semula menghambat saluran bahan bakar pun membuka, memberikan jalan lebih lebar bagi bahan bakar untuk mengalir lebih banyak dan bercampur dengan udara memasuki mesin.

Ketika akselerasi terus dilanjuntukan, sehingga trotel membuka separuh lebih dari luas penampang tabung karburator, aliran udara makin banyak, dan untuk mengimbangi hal ini, aliran bahan bakar pun harus lebih banyak, agar rasio udara dan bahan bakar dapat dipertahahkan tetap, dan untuk itu penyembur utama (main jet, MJ) secara otomatis membuka dan bekerja.

Jadi pilot jet adalah untuk aliran bahan bakar ketika mesin dalam kelajuan rendah (low speed), antara trotel menutup sampai membuka separuh, dan main jet adalah untuk aliran bahan bakar ketika mesin dalam kelajuan tinggi (high speed), antara trotel membuka separuh sampai membuka penuh. Sedangkan needle jet dan jet needle bekerja sebagai pengimbang perantara, antara kelajuan rendah dan kelajuan tinggi, yaitu kelajuan menengah (medium speed), antara trotel membuka seperempat sampai membuka tiga perempat.

Agar kuantitas udara dan kuantitas bahan bakar selalu serasi, dan perbandingan udara dan bahan bakar dapat dipertahankan, karburator dilengkapi dengan pasangan penjembur (jet pair), yaitu satu untuk aliran udara (air flow) dan satu lagi untuk aliran bahan bakar (fuel flow). Jadi ada penyembur udara penuntun (pilot air jet, PAJ) dan penyembur bahan bakar penuntun (pilot fuel jet, PFJ), dan juga penyembur udara utama (main air jet, MAJ) dan penyembur bahan bakar utama (main fuel jet, MFJ). Singkatnya, ada jet angin dan ada jet bensin.

…:::Review Artikel Motor:::…

9 pemikiran pada “Jet angin & Jet bensin motor

  1. wah, makasih mas ilmunya mengenai main pilot-pilotan sama main jet-jetan…๐Ÿ™‚

  2. wah ilmu baru nih.’ thanks bro info’y..’

  3. *fast reading*

    mantabs seperti biasa…

    (lha kl aq baca semua malah aq bakal jd jet…kebakar)๐Ÿ˜€

  4. Makasih bozz Ane jadi smakin tau

  5. wah ane jadi lebih ngarti soal jet2an nya karburator….thx bgt infonya bos..๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s