Pada dasarnya prinsip kerja motor 2-tak sangat simpel/sederhana. Pada satu siklus pembakaran terjadi dua kali langkah seker/piston. sangat berbeda sekali dengan prinsip kerja motor 4-tak. Pada motor 4-tak terjadi 4 langkah pada satu siklus pembakaran. walaupun sama-sama memiliki 4 proses, langkah isap, langkah tekanan/kompresi, langkah putar/tenaga dan langkah buang. yang diteruskan ke saluran buang atau Knalpot. banyak merk-merk kendaraan bermotor yang sangat digemari ABG yang masih duduk di bangku SMP dan SMA. seperti Honda NSR 2T, Kawasaki Ninja, Yamaha RX King, Suzuki RGR, dan masih banyak lagi.
Langkah 1 dari TMA ke TMB, Piston bergerak dari TMA ke TMB maka akan terjadi penekanan pada ruang Bilas yang ada di bawah piston. Pada lubang linier terdapat lubang dari Intake dan Exhaust. saat piston bergerak melewati lubang exhaust, gas yang berada pada ruang bakar akan keluar melalui lubang exhaust. saat piston melalui lubang intake maka gas dalam ruang bilas yang terpompa oleh piston akan masuk ke dalam ruang bakar, dan saat langkah ini gas dari sisa pembakaran akan terdorong keluar melalui exhaust.
Langkah 2 dari TMB ke TMA, Piston yang bergerak dari TMB ke TMA akan melakukan penghisapan campuran bahan bakar, udara, dan pelumas (oli samping). setelah piston melewati lubang intake dan lubang exhaust maka piston akan melakukan langkah kompresi yang akan menghasilkan tekanan pada ruang bakar. piston akan terus menekan sampai TMA, dan pada tepat berada di TMA. campuran bahan bakar dan udara yang sudah mendapat tekanan yang dasyat dari piston akan terbakar oleh api yang dipercikkan oleh busi. setelah terjadi ledakan pada ruang bakar maka akan diteruskan ke langkah tenaga, dan tenaga disalurkan ke sistem transmisi.
seperti itulah gambaran prinsip kerja motor 2-tak. hal tersebut terjadi berulang-ulang selama motor masih bekrja. inilah sedikit gambaran prinsip kerja motor 2-tak.
ouhh jadi begituu cara kerjanya .. hemmmm
nice info Sob ..
Salam kenal yaa …
rizal, ya begitulah menurut saya mas.. salam kenal juga..
maksih kunjunganya..
om kalo cara bikin motor kenceng gmna
sala knal jgk,,,,,,,,
Trnyata prinsipnya lbh sederhana dari motor 4 tak ya…
@Rihan, bethul sekali.
Thanks brooo… selama ini cuman nunggangin aja, gak tau cara kerjanya he he he…
Referensi Harga Terbaru dan Terlengkap hanya di
katalogharga.com
yap, sama-sama.. maksaih kunjungannya..
owh gitu, baru mudeng aku
yap!! itu yang saya tahu..
thank..
oh gitu… tapi aku msh bingung yg lubang exhause dan intake??
@billy, Lubang Exhaust adalah saluran buang dan menuju ke knalpot, sedangkan intake, lubang saluran masuk bahan bakar dari karburator menuju ke ruang bakar.
Gambar ruang bilasnya kok ngk ada bang…??
makasi atas penjelasannya ya! ni sangt membantu aku to mata kuliah mesin konfersi ku. salam kenal y!
@andi,sip… salam kenal juga 🙂
dear ‘oprek-oprek’ers….
motorku rx king, blok booring, piston asli 0,25,
kalu untuk ber;balap, seberapa besarkah lubang ‘buang’ dan lubang ‘hisapan’ yang harus dikurangi, utk memaksimalkan performa mesin…..
terus, utk deksel’nya,
di bubut berapa mm’….?…
untuk lubang buang, masing-masinng 1.5 mm ke samping, harus di imbangi juga lubang bilasnya, untuk deksel bisa sesuai kebutuhan, untuk meningkatkan kompresi,.. jangan lupa atur juga sudut squisnya..
bisa g saudara jelaskan bagaimana cara nya membuat motor 2tak dengan bahan bakar nya dari gas.Terima kasih.
Maaf bos,… masih bingung dengan sistem pelumasan….
cra nya bor kan lehr angsa nya llu paky kan selang brikan kran dan slurkan gas nya.
itu pun dgn cra turbo
msih bingung….pdahal sy prnah blajar tu.
🙂
hmmmm oh gitu toh gue baru tau kalo kinerja motor 2tak lbh simple dari pada motor 4tak’
ouh iya kebeneran gue juga penunggang mtr 2tak’ kwasaki kh100’haha
gini masbro’ kbetulan mtr gue itu lg bermasalah di bagian mesinya’ di bagian si block mesin itu cepat panas sekali’ trs si suara mesin berisik sekali !!
padahal msh orsinilan bro’kalau setiap ganti mau ganti oli samping jg’si oli mesin tuh uda bkn warna item lg’ tp dah kaya susu…!!!’ knp yah masbro??
mas bro,.. mungkin terjadi kebocoran pada seal kruk as, jadi oli samping masuk ke ruang karter, dan menyebabkan oli mesin jadi kaya kopi susu
thanks info’a
Mohon pencerahannya , saya punya motor suzuki TRS 118cc , pada saat netral mesin bagus, pada saat nanjak mesin tidak kuat dan mati, kalo tidak nanjak sih mesin lancar tapi gentakan awal tidak ada, mohon pencerahannya mas
coba di cek kompresinya, dan juga kompresi dalam ruang bilas, bisa juga membersihkan lubang2 pada saluran bahan bakar ke ruang bakar, pengapian di majukan beberapa derajat, supaya getakannya lebih entreng.
salam knAl sMUa waT PNgGeMaR 2 TaK
Mohon pencerahannya , saya punya motor 2 tak Suzuki TRS (Rotary Valve) dan saya punya masalah dengan tenaga mesinnya, soalnya waktu start bagus, posisi netral mesin oke tapi pas mau masuk gigi tenaga mesin tidak ada sampai gaspun saya tarik ful tidak bisa narik jalan bahkan mesin sampai mati, saya test di posisi netral dan saya gas ful kadang kadang ngempos (mesin mati dan masih hidup). motor itu apa yang salah ya pas masuk gigi kok tenaganya ilang tidak bisa jalanin motor bahkan motor ampe mati, saya check kopling masih bagus. tolong saya kasih penjelasannya motor saya itu masih bisa dibenerin nggak ya terima kasih
bisa dgn cra knalot gnti dgn yg standart llu reg piston gnti jga atw cdi nya.
Motor suzuki TRs saya sudah sembuh dan enak untuk lari, terima kasih ya atas pencerahannya. seting di ruang rotary valve ternyata seal karet yang seperti gelangnya sudah keras lalu saya ganti cuma RP 5000 plus packing & lem gasket 15000 total 20000 pemasangan saya kerjain sendiri , soalnya bengkel nggak mau bongkar mesin lama katanya takut tidak ada spare partnya .
mas nya nih mau menikah bulan depan ya???
broo gmna dngn dngn motor 2 tak yg mnggunakn injeksien pump/nosel……….!
prinsipx gmna broo………?
tnks…..!
n slm knal ya….!